Kamis, 29 Januari 2015

Halal dan Haram (menurut pendapat saya)

Halo epribadiehh.. howaryaahh?
Ngiahaha gak banget openingnya..
Halo brad 'n sist,gimana harinya? Semoga selalu menyenangkan yaa.. meski sedih,susah,gundah,gulana,galau,sebaiknya sebisa mungkin dibikin senang aja.. ibarat kata bapaknya AA'Kw nih "sakit akan terasa sakit kalo dirasa-rasa,makanya biasa aja.." bener kan? Hehe..
Okeh,kali ini AA'Kw bakal nulis yang sedikit out of the box nih.. yahh sekali kali bikin artikel yang bukan berbau bensin lah ya,biar ndak kobong ndhiasee,hehe..
Sesuai judul.. Halal dan Haram.. ntah kenapa akhir akhir ini AA'Kw lagi gondok banget sama masalah ini,kenapa? Karna menurut AA'Kw banyak orang orang dari kaum tertentu menetapkan status haram akan sesuatu hanya dari sudut pandang mereka sendiri.. (aseekk okeh nih bahasanya,hehe..) iya nggak? Seolah olah jadi tutup mata dari sudut pandang yang lebih luas.. banyak hal yang mereka haramkan,tapi kenapa mereka naik mobil,kenapa nggak naik onta aja? Mobil kan bikinan orang kafir.. Kenapa juga pakai baju,kan yang menemukan kain tenun orang kafir,pakai daun aja deh..
Nahh itulah yang membuat AA'Kw menelurkan artikel ini.. lha daripada bingung mau berdebat sama siapa,mending ditulis aja.. dan lagian nggak semua hal yang buruk itu haram loh,percaya nggak?harus percaya,kalo nggak percaya munafik namanya.. rada maksa nih,maap maap,hehe..

Definisi haram itu apa sih?

Seperti yang AA'Kw kutip dari wikipedia,bahwasannya haram adalah sebuah status hukum terhadap suatu aktivitas atau keadaan suatu benda(misalnya makanan). Aktivitas yang berstatus hukum haram atau makanan yang dianggap haram adalah dilarang secara keras. Orang yang melakukan tindakan haram atau makan binatang haram ini akan mendapatkan konsekuensi berupa dosa .. (makasih pak Wiki)
Nah,tertulis sesuatu yang dilarang.. siapakah yang melarang? Ya siapa lagi kalo bukan dzat yang menentukan hidup mati dan hakikat kita sebagai seorang manusia yaitu Allah Subhanahu? Wata'ala (jawab ibu ibu pengajian)..
Timbul sebuah pertanyaan.. kenapa Allah melarang? Kenapa hayoo.. jawabannya karna Allah tuh sayang sama makhluk ciptaannya ini.. (makasih ya Allah.. alhamdulillah :) ).. Allah tuh nggak pengen makhluknya sakit,Allah nggak pengen makhluknya menghadap padaNya dalam keadaan yang tidak baik.. pengennya Allah itu makhluknya baek baek aja hidup di dunia,nggak usah lah melawan aturanNya,biar nanti bisa lebih khusyuk dalam beribadah padaNya,ibadah khusyuk,doa tersampaikan dengan baik,insyaallah Allah seneng dan doa kita cepet di ijabah... aamiin Allahumma? Aamiin (jawab barengan)..

Kembali ke halal dan haram versi AA'Kw.. Kali ini AA'Kw berpedoman sama 2 ayat dari surah dalam Al-Qur'an.. Lho kok cuman 2? Bukannya banyak dalil yang mengacu pada halal haram? .. Biarin tulisan guwe terserah guwe..hehe
. Nggak kok,AA'Kw punya pendapat sendiri akan 2 ayat ini,karna menurut AA'Kw semuanya bisa berkaitan ke ayat ini, ayatnya adalah Al A’raf , 7:11 dan Al-Isra’, 17: 26, yang mana ayatnya berbunyi sbb. Bismillahirrahmannirrahiim..

ﻳَﺎﺑَﻨِﻲ ﺀَﺍﺩَﻡَ ﺧُﺬُﻭﺍ ﺯِﻳﻨَﺘَﻜُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﻛُﻞِّ ﻣَﺴْﺠِﺪٍ ﻭَﻛُﻠُﻮﺍ ﻭَﺍﺷْﺮَﺑُﻮﺍ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺴْﺮِﻓُﻮﺍ ﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻤُﺴْﺮِﻓِﻴﻦَ َ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

ﻭَﺀَﺍﺕِ ﺫَﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺑَﻰ ﺣَﻘَّﻪُ ﻭَﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦَ ﻭَﺍﺑْﻦَ ﺍﻟﺴَّﺒِﻴﻞِ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺒَﺬِّﺭْ ﺗَﺒْﺬِﻳﺮًﺍ

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan(hartamu) secara boros.

Baraqallah.. semoga Allah meridhoi setiap bacaan ayat suci yang brad 'n sist bacakan,aamiin..
Dari kedua ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah mengharamkan segala sesuatu yang berlebihan.. meski statusnya halal sekalipun jika kita memakai atau mengkonsumsinya secara berlebihan maka jatohnya bakalan haram.. setuju? Harus.. wong ayat Allah,mosok gak setuju,hehe..

Kembali ke topik.. masih banyak orang yang mendefinisikan haramnya suatu barang dengan sudut pandangnya sendiri,sehingga justru merugikan mereka sendiri (menurut orang lain),seperti halnya merayakan tahun baru.. jangan salah,dalam salah satu ayat Allah menyebutkan satu tahun terdiri dalam 12bulan,yang mana itu adalah hitungan tahun yang jamak di pakai oleh manusia di muka bumi ini (mohon koreksinya jika salah).. Nggak ada tuh larangannya langsung dari Allah perihal merayakan tahun baru itu,mereka mengharamkan hanya berdasarkan kalau tahun baru itu perayaannya orang Yahudi,kafir,haram..
Nggak gitu juga bro.. kita sebagai umat beragama punya cara sendiri dalam merayakan tahun baru,kembali lagi ke 2 ayat sebelumnya.. bahwasannya Allah nggak suka sama hal yang berlebihan.. Naahhh yang berlebihan inilah yang harusnya kita hindari dalam merayakan tahun baru,gimana caranya? Banyak cara kok,misalnya dengan merenung.. apa aja sih yang udah kita lalui,sebelumnya kita berguna bagi orang lain nggak sih,ibadah kita sudah bener nggak sih.. trus resolusi kita kedepannya akan sperti apa sih.. nahh hal sperti itu juga bisa kan? Berikutnya,bisa juga dengan silaturahmi,baik ke temen temen,saudara,kerabat,ataupun orang tua,tentunya dengan tujuan positif lho ya.. atau bisa juga kita merayakan tahun baru sama dengan kita merayakan tahun baru islam,dengan pengajian,dzikir,dll..

Nahh,nggak selalu hal yang haram menurut mereka dapat kita haramkan juga kan? Think positif,open your mind,jangan muter di situ situ aja,bisa pusing ntar..

Berikutnya alkohol.. nah yang ini krusial banget nih brad 'n sist,kenapa AA'Kw bilang krusial,karena banyak kasus pasal alkohol ini.. mulai dari banyak yang meninggal,ada yang masuk rumah sakit,tapi ada juga yang terbantu dalam hal pengobatan,bahkan ada juga yang nyicip nikmatnya olahan dari alkohol ini..
Bagi kelas ektreme zat alkohol ini sangat sangat haraam bagi mereka,jangankan nyicip,nyentuh aja haram,jijik.. tapi kok mereka masih makan tape ya? Muehehe..
Cerita dulu,pernah dulu tantenya AA'Kw saat masih berprofesi sebagai assisten klinik bersalin,dia bersama Dokternya sedang menangani pasien yang mau melahirkan,(maaf)pasiennya kaum bercadar,sang suami nggak mau Dokter menyentuh istrinya(dokternya pria),hanya mau disentuh sama tantenya AA'Kw. Parahnya lagi sang suami nggak mau istrinya disuntik bius,karna ada alkoholnya..alhasil istrinya mengerang kesakitan,lhawong dibius aja masih sakit banget,ini nggak dibius.. syukurnya dapat lahir dengan selamat,menyisakan sakit yang amat sakit tentunya bagi sang istri..
Nah,perihal alkohol dalam dunia kesehatan ini juga banyak di perdebatkan.. tapi AA'Kw nggak mau ikut berdebat,langsung AA'Kw kasi cap halal.. ini demi keberlangsungan hidup orang banyak lho,harusnya kita berterimakasih pada penemunya,dan menggunakannya dengan sebaik baiknya.. lagian Allah juga nggak suka kok sama manusia yang menyakiti diri sendiri.. sesimpel itu aja sih mikirnya,nggak usah dibawa ribet,hehe.. dan jangan lupa baca basmalah dulu :D

Berikutnya di dunia kuliner.. banyak juga lho yang memanfaatkan alkohol dalam pemenuhan nafsu perut ini. Contohnya  kue,tumisan,masakan ala resto bintang kejora,dan banyak lagi deh.. kebanyakan dari mereka memanfaatkan alkohol jenis rum,atau yang kita tau hasil dari fermentasi buah anggur,tujuannya apa,tentu biar hasil olahannya jadi lebih nikmat,mungkin zat asam dari fermentasi anggurnya itu kali ya yang dimanfaatkan. Kue,membuat teksturnya lebih empuk,lembut dan enak pastinya. Masakan,biar aromanya lebih keluar,dan tujuan lainnya demi memuaskan nafsu icip icip nganti wareghh..
Pertanyaannya.. haramkah itu? Menurut AA'Kw pribadi itu nggak haram.. kembali lagi ke dalil yang menyatakan alkohol itu haram,yaitu karna bisa memabukkan.. sekarang AA'Kw tanya,setelah makan Donat dan masakan yang dibuat dengan rum,apakah bikin brad 'n sist jadi mabuk? Teler? Hilang ingatan? Ngomong gak jelas? Masuk RS? Mati??.... Nggak kan? Yaudah halal itu. Mau menyanggah? Silahkan.. hehe.. lagian kan zat alkohol akan menguap jika melalui proses pemasakan,iya nggak?

Namun akan lain halnya jika makan Donat yang mengandung rum tadi dengan porsi sebakul brad 'n sist trus makan sendiri sampe kekenyangan gak bisa bangun,klenger nggak bisa buat ibadah,barulah hal ini akan menjadi haram.. Kembali lagi bahwasannya Allah nggak suka sesuatu yang berlebihan..
Makan berlebih,tepar.. minum berlebih,kembung.. dandan berlebih,menor.. perhiasan berlebih,norakk.. duit berlebih,mbok bagi bagi sini,sedekahin,hehe..

Nah sekarang udah paham kan,bahwasannya sesuatu itu nggak boleh langsung kita cap haram,lihat dulu sisi negatif dan positifnya.. ambil baiknya,pergunakan sebaik baiknya sesuai kebutuhan,jangan berlebihan,karna sesuatu yang berlebihan itu akhirnya jadi haa? RAAM (jawab ibu ibu)..

Bagi kalian yang punya pikiran luas dan terbuka,tetaplah berpedoman sama ketentuan Allah yaitu Al-Qur'an,biar nggak keblinger mikirnya,bisa jadi atheis atau gila nanti. Dan bersyukurlah akan pikiran dan logika yang bisa kita olah serta kita manfaatkan dengan baik,karena pikiran dan logika juga merupakan karunia dari Allah.. Sedangkan bagi kalian yang punya benteng akan pikiran dan logikanya bersyukurlah Allah memberikan kita semua kehidupan,karna kalian juga yang memberi warna warni beragam dalam kehidupan umat,nikmati sebaik baiknya hidup,karna nggak ada kesempatan kedua dalam hidup,yang ada hanyalah perubahan.

Akhir kata.. Allah memberikan kita hidup,pikiran,dan Al-Qur'an,maka hiduplah dengan sebaik baiknya..
Wassalamua'alaikum :)

Minggu, 04 Januari 2015

Pengalaman Horor di Tukang Bensin Eceran

Hola Brad and Sist.. dah lama nggak ngupdate blog nih,maklum selain karena kesibukan yang (nggak) padat juga karna penyakit AA'Kw lagi kumat,tau donk penyakit apa? Yups penyakit M,alias males,hehe.. nggak tau nih penyakit ini sering banget kumat,padahal bahan lagi bertebaran,terutama di artikel artikelnya senior,kalo pengen ya bisa aja diolah jadi bahan tulisan..tentunya dengan tetap mengedepankan sumber dan watermark empunya artikel,biar gak bikin heboh karna ngaku ngaku karya orang,wkwkwk..

Ilustrasi nyomot gugel

Oke biar gak kelamaan intro kayak lagu rock kita langsung ke topik aja ya pemirsa.. pernah ngisi bensin eceran di pinggir jalan? tentunya pernah kan,meski nggak sering tapi pernah lah yaa (maksa),hehe.. AA'Kw juga pernah kok ngisi bensin eceran,terutama saat kepepet.. nah kali ini AA'Kw mau sharing pengalaman horor saat ngisi bensin eceran..

Semua bermula hari Sabtu kemarin saat AA'Kw mau nganterin Mbak Bojo konsultasi ke Puskesmas.. pagi harinya sesosok motor Supra lawas milik Mbak Bojo sudah AA'Kw persiapkan,pakai Supra aja,soalnya si Bleki Shogun item lagi males keluar,hehe.. saat manasin Supra hampir semua hal sudah AA'Kw cek,dari lap lap,kerenggangan rantai sampai tangki bensin pun tak luput dari pengecekan.. oke sipp cukup lah bensinnya buat bolak balik Puskesmas bahkan puter balik Malioboro pun masih sanggup deh dengan bensin segitu.. siapp berangkat..

Apesnya nyampe ke Puskesmas Kotagede AA'Kw lupa kalo hari Sabtu Puskesmas tutup,padahal sebelumnya Mbak Bojo dah ngasi tau,bukannya hari Sabtu tutup,tapi AA'Kw ngeyel bilang RS aja buka kok.. eehh ternyata tutup,dasar ngeyel,hehe.. setelah pikir pikir dan mumpung cuaca gak terlalu panas akhirnya kita putuskan buat djalan djalan.. sipp.. gasss.. Namun apesnya gak berenti di situ saja,nyampe Malioboro macetnya gak ketulungan,wong liburan.. mesti macet.. mana gerimis lagi.. oke pulang aja deh..

Skip skip.. nahh kisah horor ini pun bermula,saat perjalanan pulang.. riding santai di Jl. Pleret,tiba tiba Supra ndut ndutan.. duh kenapa nih,kayaknya kabisan bensin nih.. dan benar saja mesin Supra ini pun mati,waahh.. piye ki.. mana SPBU masih jauh lagi.. mau nggak mau didorong deh,dan Mbak Bojo kepaksa jalan kaki.. kejadian ini terjadi di Jl. Pleret km 1.5 tepat di pertigaan Potorono Mbantoel.. untungnya tukang bensin eceran deket,langsung deh berentiin ngedorong.. "Buk.. bensinnya buk?".. "Wagh abis mass.." seyum ibuk pemilik londri yang merangkap jualan bensin,hehe.. "Coba di sebrang depan itu mas.." "Oke makasih bukk.." Sipp lanjut ndorong.. dan ketemu deh kang bensin rekomendasi ibuk tadi..
"Pak.. bensine pak.... pak?.." Tampak si bapak terbangun dari tidurnya di balik etalase tokonya,dengan posisi berjalan yang agak aneh,sedikit miring ke kiri.. tanpa sepatah kata si bapak mengambil botol Topi Miring wadah bensin lengkap dengan corongnya.. tetap tanpa bicara dan suara sedikitpun si bapak bersiap nuang bensinnya.. buka tutup botol Topi Miring.. AA'Kw dengan cepat membuka tutup tangki.. ntah karena merasa di intimidasi oleh tatapan si bapak atau emang kecapean ndorong motor bikin proses membuka tutup tangki pun susahnya minta ampun.. dengan susah payah akhirnya tutup tangki pun terbukaa.. lega?.. nggak... karna tatapan kosong si bapak dengan muka datar dan gerak yang sangat perlahan beliau menuangkan bensin ke tangki Supra..

Ilustrasi nyomot gugel lagi :D

Perlahan bensin di dalam botolpun hampir tertuang semua ke dalam tangki Supra,namun sungguh tak terduga si bapak akhirnya bersuara.. "Pirang liter mas..?" (Berapa liter mas.red)Terdengar parau namun lembut.. Deg.. antara kaget dan nggak denger AA'Kw jawab singkat.. "Satu liter..".. selesai.. bensin sebotol habis tertuang semua ke tangki.. kehororan pun bertambah saat AA'Kw bertanya harga.. "Pinten Pak?" (Berapa Pak?).. si bapak masih nampak cuek membenahi botol kosongnya.. dan dengan muka datar dia menjawab sangat singkat ..."Sangangewu.." Degg.. nyatakah ini? Batin AA'Kw,dengan nada takut (protes) "Sembilan ribu Pak?..".. "Iya.." dijawab tetap dengan muka datar.. "Bukankah di SPBU sudah turun jadi 7600 Pak?".. "Masih ngabisin stok mas.." tetap tanpa ekspresi.. wooo kampr*t,semp*k bekas.. benar benar bapak bertampang horor tersebut mengambil keuntungan banyak,mosok dah 2 hari stoknya masih ada aja..situ nimbun BBM mahal Pak?.. tapi Asudahlah,wong butuh juga,daripada ndorong sampe rumah.. dengan berat hati dibayar juga dengan lembaran 10ribu.. namun hawa horornya nggak sampai di situ pemirsa.. kembalian 1.000 rupiahnya ternyata,kucel,bosok,klemer klemer.. wedyaann horor banget tho pemirsa..Serem kaann ? :D

Itulah kisah "horor"ku.. mana kisah "horor"mu?? Wkwkwk..

Bensinku dah turun hloo mass ;) ,wkwkwk..

Selasa, 26 Agustus 2014

Ada Affaa nih?

Hollaa pemirsa..

Gimana.. gimana kalo pas siang terik seperti sekarang lagi enak riding di atas motor tiba tiba mogok keabisan bensin,mana SPBU masih jauh lagi.. kepaksa didorong kan motornya,jalan terus dengan semangat yang dipaksakan.. wahh SPBUnya udah keliatan.. sedikit seneng.. tapi langsung lemes liat antriannya yang panjang mengular.. dengan langkah gontai motorpun diseret masuk antrian,belum lama ngantri tiba tiba terdengar teriakan dari barisan antrian terdepan.. "Enteekkk buossss... bensine entekkk.." trus pacu semangat lagi buat ndorong motor sampai ketemu sama panjual eceran yang baik hati mau berbagi bensin di jerigen yang siap dia timbun..
Pernah ngalami nggak pemirsa??.. Inilah yang AA'Kw alami kemarin siang,kurang lebih berjalan sekitar 10km di tengah gurun eh di tengah rimba lalu lintas yang lumayan padat di siang terik itu barulah AA'Kw mendapat tukang bensin oplosan eeehh eceran yang sedang mengisi tangki motor pelanggannya.. AA'Kw pun mlipir(minggir) ke tukang bensin itu,namun alangkah takjubnya setelah tau Premium eceran itu seharga 10.000 per liternya.. serasa di tonyor kepala AA'Kw,berasa tonyoran setannya Super KIPSnya Ninja RR.. pusing mendadak bertambah sakitnya,tapi asudahlah.. lagi butuh juga,meski motor AA'Kw gak bisa minum Premium karena efek piston benjol tapi kali ini beri pengecualian dulu deh yang penting bisa jalan sampai ke rumah dulu motornya..
Itulah derita yang AA'Kw alami kemaren.. manteb banget lah pengalaman yang AA'Kw alami ketika semua kategori emosi bercampur jadi satu rasanya.. ademm benerrr... hehe :mrgreen:


Antrian di SPBU Giwangan..

Tapi kalau kita boleh menganalisa.. sebenernya apa sih yang menyebabkan seolah BBM ini menjadi langka? 
Menurut berita yang berkembang sih karena adanya pembatasan BBM oleh pihak Pertamina sebagai tindak lanjut dari pengurangan jumlah BBM bersubsidi oleh pemerintah.. mengutip kata kata dari Vice President Corporate Communication Pertamina,Pak Ali Mundakir mengatakan "berdasarkan APBN-P 2014, kuota BBM bersubsidi dikurangi dari 48 juta kilo liter menjadi 46 juta kilo liter. Sesuai dengan amanat UU No.12 Tahun 2014 tentang APBN 2014, maka Pertamina harus melakukan pengaturan kuota per harinya untuk memastikan BBM bersubsidi cukup hingga akhir tahun 2014."
Inilah hal yang menjadi alasan mengapa hampir seminggu ini BBM susah didapat,harus ngantri dan membayar lebih untuk mendapatkannya. Karena pengurangan stok BBM bersubsidi itu jadi alokasi pasokan stok BBM disetiap SPBU jadi dibatasi,katanya biar sesuai target sampai akhir tahun ini...

Suasana antrian di SPBU Pleret,Bantul..


Namun ada hal yang mengganjal nih pemirsa.. saat otak AA'Kw yang terbatas dan nggak seencer otak manusia setengah dewa yang duduk di kursi pemerintahan itu harus AA'Kw paksa berfikir,sampai ngebul pemirsa.. kayak Patrick pas lagi ngarang lagu sampai otaknya ngebul(gak tau deh serial SpongeBob episod keberapa),nahh kira kira sperti itulah pemirsa ilustrasinya.. Daann keluarlah pertanyaan pertanyaan yang gak terjawab.. ya tanyanya dalam hati siapa yang mau jawab.. :mrgreen:
Adapun pertanyaan itu adalah.. "Kenapa baru sekarang hebohnya pembatasan BBM itu?".. Bukankah yang namanya Anggaran Pambelanjaan Negara buat tahun ini sudah dirumuskan di tahun sebelumnya,iya kan? Nah berarti rumusan tentang pembatasan BBM ini sudah ada sebelum bulan Januari dong,udah gak perlu heboh JIKA pembatasannya diberlakukan mulai dari awal tahun kemaren,yaitu bulan Januari.. kalau baru diberlakukan penghematan sekarang bukannya malah menyusahkan,dengan sisa sisa pemakaian yang bisa dibilang boros dari awal tahun sampai sekarang(mobil di atas 1.500cc juga ikut menikmati subsidi) ya namanya terlalu memaksakan,stok yang tinggal sedikit dipaksa berhemat sampai akhir tahun.. JIKA saja penghematan dimulaeyi dari awal tahun AA'Kw yakin seyakin yakinnya bahwa dampaknya gak bakalan seheboh ini..belum nyampe jam 3 sore stok di stiap SPBU sudah habis,belum lagi antriannya.. imbasnya ya semua harga barang juga perlahan naik,sampai mbak bodjo heran,biasanya beli kol sebiji seharga 3.000,sekarang harga 3.000 cuma dapet kol seperempatnya..
Timbul lagi pertanyaan baru.."adakah indikasi politik dalam hal ini?" yoo jelas ada nuw.. "mungkinkah ada mafia yang mengatur pasar Indonesia?"..hmm gak tau juga ya.. "kenapa hal ini baru muncul sekarang? Momennya terasa tepat saat tampuk pemerintahan akan beralih,apa ini akan jadi warisannya pak Beye buat pak Owi?".. yaaa I dunno abot it.. kabotan dipiker malah ndak stess dewe ngko(keberatan dipikir bisa stress sendiri ntar)..

Biarkan saja sandiwara politik ini berjalan sesuai dengan keinginan Mereka,sampai akhirnya ada yang muak dan mulai bertindak,sehingga terpampang nyata membahenol badduai mana yang bener bener bener dan mana yang bener bener salah.. Negara ini bukan cuma butuh orang baik,tapi juga butuh orang SUCI..orang Stand Up Comedian Indonesia..hayyaahh.. wkwkwkwk :lol:

Thanks for reading pemirsa.. semoga menjadi inspirasi..

Bonus :v
"Kamu sihh ngisi Premium terus..abiss kan.."

Rabu, 20 Agustus 2014

Ketika Gengsi Mengalahkan Pengetahuan

Selamet siang pemirsaa..

Gimana kabarnya siang ini? Di Jogja siang hari ini lebih mendingan dibandingkan kemarin yang panas terik,sekarang agak adem,karena banyak gulungan awan putih yang menahan terpaan sinar matahari. Nah di bulan agustus ini udah mau masuk musim kemarau nih,sebisa mungkin harap persiapkan fisiknya pemirsa,banyak penyakit berterbangan di udara,sebaiknya pakai masker saat mau riding keluar. Jangan sampai sakit deh,lebih baik mencegah kan daripada mengobati,udahlah sakitnya menyiksa..eeehh harus mbayar dokter juga..akhirnya menyiksa dompet juga kan,muehehe...

Oia.. kali ini AA'Kw mau ngebahas hal yang lagi "in" di group dan beberapa blogger senior pun ada yang sudah membahasnya.. hal yang bikin menggelitik dan sekaligus miris pemirsa,nih pemirsa perhatiin screenshotnya..

Wow sekali (bagi yang paham)

Gimana pendapatnya pemirsa? AA'Kw pribadi gondok banget saat baca statusnya,gondok bukan pada ketidaktahuannya tapi pada cara penulisannya,kesannya sombong dan kasar.. kalo boleh kasar,AA'Kw berpendapat "Udah songong salah lagi"..
Tapi sebagai orang yang baik tentunya kita nggak bisa terlalu menyalahkan si empunya status itu pemirsa,ada baiknya kita luruskan,yaahh tapi balik lagi ke orangnya ya pemirsa,ada orang yang mau nerima dan memperbaiki,ada pula yang tetap mempertahankan pendapatnya yang salah itu bahkan sampai marah... tapi ada juga yang seperti ini pemirsa..

Fatal banget nih..

Nah yang begituan jangan ditiru ya pemirsa,bukannya benerin malah ngatain balik.. eehh tetep aja sama sama... salah.. :lol: Fenomena seperti ini lumrah terjadi di jagad otomotif tanah air kita lho,mungkin ini bisa masuk dalam kategori Fansboy ya..
Maksudnya,pemilik dan penunggang kuda besi merk tertentu menjadi fanatik dan menimbulkan kebanggaan berlebih sampai anti dan menjelekkan merk lain,saking bangganya mereka hanya bisa pamer kalau kuda besi mereka lah yang terbaik,sampai gak ada celah buruknya menurut mereka(mungkin),pengendara model begini gak pantes di sebut bikers pemirsa..
Biasanya.. biasanya lho ya.. Tipe yang seperti ini cuma bisa gass dan rem,alias cuma bisa makai,jangan ditanya fitur dan fungsi dari setiap parts di motornya,kebanyakan pasti gak tau,paling mereka njawab "jangan tanya fitur deh,pokoke motor ini nih dah paling bagus Dit,, irit tur awet.." percakapan ini ilustrasi aja ya pemirsa,jangan dianggap serius(meski pernah juga ngalami hal seperti ini..),muehehe.. :mrgreen:

Hadeehh..

Tidak semua orang yang mengendarai motor paham betul sama seluk beluk tunggangannya,jadi sangat maklum aja kalau masih ada orang gak paham bahkan tidak tau menau tentang ilmu roda dua,AA'Kw aja belum tau semmua hal tentang roda dua kok pemirsa,beberapa alhamdulillah sudah sudah mengerti,tapi kan gak semua(harus hatam bukunya mbah Graham Bell nih,hehe..),inilah yang namanya proses belajar. Sebagai orang yang baik tentunya kita wajib membimbing dan memberi mereka pengarahan,yang pasti harus sabar dan perlahan,karena biasanya orang seperti ini susah dikasi tau,ya itu tadi menurut mereka tunggangannya lah yang terbaik. Syukur syukur mereka mau nerima,toh itu masukan ilmu yang baik juga buat mereka,bagi kitanya sendiri tentu ada kesenangan tersendiri karena bisa berbagi dan mencerdaskan sesama... namun kalau dibenerin tetep ngeyel bahkan sampai keluar omongan yang gak baik,maka sebaiknya.. kita.. bandem ndase nggo watu.. ngoahaha.. jangan dink :D baiknya kita tinggalkan saja,biarkan mereka bertahan dengan pendapatnya sampai suatu saat mereka belajar sendiri dan bergumam.. "oiyo yo bener..berarti salah aku selama ini.."

Naaahh...

Belajar dan terus belajar,itulah kata yang menurut AA'Kw cocok buat mengakhiri artikel kali ini,karena salah satu hakekat kita sebagai manusia hidup di dunia ini ya untuk belajar,jangan menutup diri akan ilmu,tapi jangan juga menerima semua ilmu begitu saja,berilah filter agar semua ilmu yang masuk kesemuanya merupakan ilmu yang baik.. Terima dan terapkan ilmu yang baik,dan tinggalkan ilmu dan hal yang buruk sebagai pembelajaran untuk hidup kedepannya..

Terima kasih pemirsa sudah disempatkan membaca tulisan ecek ecek ini,semoga bermanfaat..

"Kita berdua siap memulai dari nol mas.." :D

Kuda Besi Penunggu Warung Part 2

Selamat maaleeemm..

Wah udah jam segini cuaca di Jogja masih hot aja,efek panas berlebih tadi siang kayaknya nih,dinginnya angin malam belum cukup untuk mendinginkan tanah yang seharian ini menahan terpaan panas matahari,tercatat tadi siang suhunya mencapai 31° celcius lho pemirsa,saking panasnya bisa buat goreng telor di atap rumah... :mrgreen:
Karena udah nggak ada kerjaan dan bingung mau ngapain lagi,mending AA'Kw nulis aja deh..
Hmm kali ini tetep bahas motornya penunggu warung ini aja deh (padahal lagi males nyari bahan,wkwkwk :lol: ),artikelnya AA'Kw bikin jadi satu satu aja yak,biar enak dibacanya..

1. Tampilan
Gak sah rasanya kalo kita ngomongin motor tapi mengabaikan tampilannya,tentu setiap orang punya tastenya masing masing terhadap tampilan tunggangannya. Begitu juga AA'Kw,kebetulan AA'Kw penyuka warna hitam ya jadilah tunggangan AA'Kw labur dengan warna hitam juga,cuma gak sewarna semua. Beberapa bagian AA'Kw labur dengan warna hitam kelam alias doft,seperti sayap,airscoop,back cover headlamp,dan kupingan spatbor depan,lainnya tetep hitam bawaan pabrik yang shiny glittery(opo ki..).. biar terlihat kontras aja,dengan tidak mengabaikan warna hitamnya(eah bisa jadi gagal paham nih..),maksudnya meski warnanya beda dan menciptakan view yang kontras antar warnanya tapi tetep warna hitam lah yang muncul,jadinya yaa lumayan deh..
Sisanya cuma AA'Kw kasi part custom seperti topi headlamp yang nyomot punya Supra 125 lawas,lumayan bisa ngurangi jenongnya headlamp Shogun ini. Lainnya palingan cuma cutting sticker buat memperkuat auranya..



2. Kaki-kaki dan Transmisi
Buat kaki-kaki ini juga gak luput dari jarahan AA'Kw,mulai dari penggantian velg,cakram,shockbreaker,dan transfer gear. Kita mulai dari velg,nah velg racing ala Satria FU bawaan motor udah AA'Kw lengserkan dan berganti velg jari jari. Kenapa memilih jari-jari,menurut AA'Kw velg jenis ini sangat efisien buat jalanan di Indonesia yang gak rata,redaman getarannya mampu diminimalisir sama jari jari yang banyak,alasan lainnya karena tampilan,hehe.. AA'Kw sangat tergila-gila sama tampilan Road Race,jadi pas aja kalo pakai velg ini,di tambah lagi balutan ban khusus Race yang membalut velgnya. AA'Kw memakai ban FDR tipe MP27 buat depan dan belakangnya,dipadukan dengan cakram semi floating serta transfer gear dari SSS berukuran 14-38. Oia,AA'Kw juga mengganti shockbreaker belakangnya dengan merk Ride-It,sengaja memilih shockbreaker yang agak keras buat meminimalisir gejala limbung saat cornering..




3. Mesin dan Kelistrikan
Nah,buat mesin ini AA'Kw gak mau neko neko,kenapa? Yaa biar awet nuww.. kan motor ini juga AA'Kw pakai buat mobilitas sehari-hari,jadi gak cuma buat cornering aja. Mesinnya cuma AA'kw colek dikit kok,cuma menaikkan rasio kompresi,cukup mudah menaikkan kompresi SP ini,cukup mengaplikasikan seher atau piston smash,meski varian motor ini beda kapasitas tapi memiliki ukuran piston yang sama yaitu 53,5mm. Kelebihannya piston smash ini lebih jenong sedikit,sekitar 1mm lah,lumayan kan buat ndongkrak kompresi,nah biar makin nampol AA'Kw pakai yang os'100,alhasil jadi naik cc-nya menjadi 128cc,lumayan tho..
piston smash,lebih jenong..

Setelah naikin kompresi wajib hukumnya pakai bahan bakar tanpa timbal,kasian ruang bakarnya kalo masih maksa minum premium,bakalan banyak kerak tertinggal. Buat mengoptimalkan pasokan bahan bakar AA'Kw ganti karburasi pakai punya motor tetangga yang punya nickname Jambret,tau kan? Yupp Rx King. AA'Kw sengaja pakai karbu ini,karena terkenal dengan karakternya yang memanjakan akselerasi,cocok banget sama AA'Kw yang penggila akselerasi spontan. Biar karbu ini PnP sama mesin SP AA'Kw pasangkan sama manifold Yamaha Mio,langsung plek pemirsa.. tinggal sesuaikan aja lagi settingannya..
Biar makin mak'bwuett,sisa pembakarannya AA'Kw buang dengan silincer New Supra 125 yang di bobok,buat knalpot AA'Kw serahkan pengerjaannya ke bengkel knalpot Telu Pitu Jogja..blarr..blarr..

Karbu king "repaint" hitam.. :mrgreen:

Berikutnya pengapian,pengapian juga penting lho buat di upgrade,apalagi buat mesin yang udah dinaikin kompresinya. Di ruang bakar yang semakin menyempit tentunya butuh pembakaran yang besar juga,biar bahan bakar terbakar habis,yang akhirnya berpengaruh sama meningkatnya performa. Nah,AA'Kw memakai jurus murmerceng buat upgrade pengapian ini,cukup bermodal gak nyampe 10ribu... pasti beberapa pembaca udah tau jurus ini,namanya Groundstrap,gimana ada yang tau?? Pengaplikasian groundstrap ini sangat terasa pengaruhnya,terutama buat tarikan awal. Prinsipnya mengumpulkan arus liar dikabel busi dan menyalurkannya ke busi,akibatnya lentikan api busi jadi makin besar dan makin besar dan cepat pula proses pembakaran di ruang bakar,josss... Groundstrap pernah AA'Kw posting di grup Shogun SP,hasilnyaaa.. lumayan banyak member yang tertarik,dan lumayan juga energi buat menanggapi pertanyaan para member,tapi alhamdulillah seneng juga bisa berbagi ilmu serta bisa menginspirasi banyak orang,hehe.. sekalian cop businya AA'Kw ganti juga sama produk aftermarket yang zero ressistance berlabel Kawahara,biar makin lancarr.. :mrgreen:
oia,AA'Kw juga mengganti CDInya dengan CDI keluaran BRT yang bertipe DualBand,CDI ini AA'Kw dapat dari hasil nodong temen,dan didapatlah dengan barteran 2 lembar uang bung Karno. Second? Iya second,meski CDI seken tapi performanya tetap masih bisa di andalkan buat bercornering riaa.. muehehe :D

Grounstrap bikinan AA'Kw..



AA'Kw rasa udah cukup ya,semoga bisa menginspirasi pembaca dan Shoguners se-indonesia (walah..)..
Eehhh.. sek.. sek.. masih ketingggalan satu lagi.. apa itu? Itu adalahh.. Footstep.. hayyah :mrgreen: .. Iya Footstep udah AA'Kw ganti juga,sebagai penunjang hobby cornering maka pijakan kaki standar dilengserkan,digantikan footstep underbone. Aslinya footstep ini lengseran old Supra tunggangan AA'Kw dulu,daripada nganggur ya dipasang aja di SP,daripada beli lagi yang khusus buat SP yang ada ngeluarin dana tambahan. Pemasangannya mudah kok,cuma custom dikit didudukannya,tetep pakai dudukan buat pasang di Supra dulu,cuma butuh bor buat bikin lubang baut baru,sama di tekuk sana sini biar pas masuk di SP.
Yang menguras tenaga dan pikiran adalah penempatan master kaliper rem belakang,karena rem belakang SP mengaplikasikan diskbrake tentu berbeda dengan Supra. Alhasil main custom lagi biar bisa terpasang dan berfungsi sempurna,sembari main ke tukang las AA'Kw minta bantuan dibikinin dudukan buat master kaliper ini,dan taraaa.. terpasang sempurna ditambah penggantian selang rem yang lebih panjang dan tonjokkan tuas master rem yang lebih pendek..

Master rem nyempil :D

Berikutnya pijakan kaki belakang,biar tetep bisa boncengin mbak bodjo,hehe..
Buat pijakan belakang ini AA'Kw pakai punya NJMX,sengaja memang meminang pijakan NJMX,karena bentuknya lebih panjang dan kokoh. Sebelumnya AA'Kw pakai pijakan punya Jupiter Z,tapi karena kurang panjang membuat tumit AA'Kw sering bersentuhan dengan ujung kaki mbak bodjo saat riding bareng,jadi AA'Kw putuskan mengganti dengan footstep yang lebih panjang,setelah menimbang cukup lama antara pijakan Ninja R dan NJMx akhirnya atas saran mbak bodjo AA'Kw memilih milik NJMX,bentuknya lebih stylish katanya,hehe..

Gimana,keren juga kan..

Nah,gimana menurut pemirsa tunggangannya AA'Kw? :D
Meski gak ekstreem,semoga dapat sedikit menginspirasi pemirsa sekalian,sukur sukur bisa pemirsa tiru dan diaplikasikan ke Shogunnya,hehe..
Memberi sesuatu yang baik buat orang lain juga bisa menambah pahala kan :D

Terima kasih udah disempetin membaca tulisan AA'Kw,semoga menginspirasi dan sampai jumpaa di artikel berikutnya..

Eh ada bonus nih.. Hayoo sini mbak Polwan boncengin ;)

Selasa, 19 Agustus 2014

Kuda Besi Penunggu Warung

Selamat pagi..

Wah udah artikel kedua aja nih,maklum belum se-intens blog senior yang rajin update,mereka nulis udah kayak ngomong,jadi selain enak dibaca juga udah banyak tulisannya,semoga aja dengan dibiasakan nulis AA'Kw bisa jadi terbiasa dan bisa bikin tulisan yang enak dibaca,buat sekarang isi warungnya seadanya dulu deh. Padahal asline yo bingung mau nulis apaan,wkwk..
Artikel kali ini yang ringan ringan aja ya,semoga aja hari ini bisa dapet spyshoot motor baru di jalan,semisal motor sport dual silinder buatan anak negri itu,itu lho eRslawe. Buatan anak negri kan itu? Meski tetep masih di bawah payung Jepang,aihihi.. tapi kita patut berbangga lhoo,dengan basis produksi eRslawe di Indonesia menandakan SDM kita sudah mampu membuat motor secakep eRslawe ini... Bikin mesin udah bisa,knalpot juga udah merambah motogp(knalpot SAKuRA Yamaha Tech3),bodywork jangan ditanya,kita punya banyak modifikator yang bisa bikin bodywork yang bagus,tinggal sokongan serius dari pemerintah aja lagi nih biar bisa bikin motor nasional..

Oia,kali ini AA'Kw mau ngebahas tentang kuda besi tunggangan AA'Kw,yang setiap hari setia dan selalu siap mengantar kemana sadza. Inilah Shogun SP,motor jebolan pabrikan Jepang yang berlambang S ini terlahir tahun 2005,mungkin beberapa dari pembaca gak begitu familiar dengan motor ini,maklum pemasaran Suzuki gak sebagus dan seheboh pabrikan pesaingnya,jadi nggak begitu banyak berseliweran di jalan,termasuk motor exlucive nih,muehehe.. Dilahirkan tahun 2005,Shogun SP merupakan pengembangan dari varian Shogun lainnya yaitu Shogun 125R. Hasil dari pengembangan itu seperti kopling manual,velg racing,cakram lebar di depan dan cakram kecil di belakang buat pengeremannya,serta air scoop di bawah sayapnya. Motor ini bisa dibilang komplit dibandingkan pesaing sekelasnya,hal ini yang membuat AA'Kw tertarik buat meminangnya,tampilan visual yang keren bikin jiwa muda AA'Kw saat itu sangat bernafsu ingin mengajaknya ke pelaminan eh mengajaknya menikmati aspal jalanan bersama maksudnya..

Dengan niat dan nafsu plus dana dari bapak bikin AA'Kw berhasil memboyong Shogun SP ini ke garasi rumah. Shogun SP ini AA'Kw tebus rondhonya seharga 9juta,iya AA'Kw beli seken,mampunya beli seken je,saat itu tahun 2008 wajarlah AA'Kw tebus dengan harga segitu,meski tetep kemahalan :'( ... kadung pengen sama motor ini je,jadi begitu ada yang nawarin main langsung bayar,wah jangan di tiru ya... ada baiknya survey harga dan cek barang yang kita beli terlebih dahulu,biar sesuai dengan keinginan dan meminimalisir celah penipuan..

Saat di boyong ke rumah si SP ini langsung aja AA'Kw test ride,namun karena belum terbiasa sama koplingan jadi ya beberapa kali mati di jalan,wkwkwk :lol: ... impresi awal naik SP ini akselerasinya nampol banget,efek dari kopling manualnya juga ya,wah senengnya bukan main,karena AA'Kw penikmat akselerasi spontan bukan penikmat top speed,atutt kalo ngebut ngebut,wkwk.. Pernah sekali AA'Kw mencoba ngobati penasaran akan topspeed si SP ini,saat kecepatan tinggi dan ketemu tikungan buta,eeeehh dari lawan arah ada mobil box yang berkecepatan tinggi juga dan roda mobilnya pun keluar dari marka jalan dan alhasil AA'Kw kesenggol mobil tsb membuat SP dan penunggangnya meluncur bebas lurus kedepan..gak belok..dan berhasil dihentikan oleh pagar beton mesjid,meninggalkan cidera di rusuk AA'Kw. Namun,ada hikmahnya juga kejadian ini,AA'Kw jadi kapok test topspeed,kecepatan di atas 100kpj udah bikin AA'Kw deg deg'an,oia ini juga bikin AA'Kw berhenti merokok lhoo,karena cidera dada tadi,heheh.. sekarang kalo tercium asap rokok aja dah bikin sesek,tips nih buat pembaca yang pengen berhenti merokok,tabrakin aja motor dengan pengendaranya ke tembok :lol: ... eeiiittsss jangan anggap serius ya,ada baiknya hentikan merokok mulai dari niat yang baik dan kuat,jangan nunggu sakit dulu kayak AA'Kw baru berhenti merokok,hehe..

Oia,tampilan Shogun SP punya AA'Kw sekarang udah jauh berbeda dari versi standarnya lho,ini juga buat menyokong hobi AA'Kw yang seneng corneringan,wahh,takut banter og seneng cornering,wkwkwk.. bagian utama yang AA'Kw modifikasi adalah kaki kaki yang AA'Kw ganti dengan ban race,biar bisa lebih miring nikungnya,hehe.. sisanya cuma ubah tampilan sama colek mesin dikit,dikiitt aja kok :D

Udahan dulu deh,kita sambung di artikel lain aja ya,sampai jumpa di artikel berikutnya..

Akhirnya Bikin Blog Juga (Belajar)

Holaa Blogger..

Widiihh sapaannya udah kayak blogger senior aja yak,ngoahaha :D

Duh,mau nulis apaan ya? Sebenernya esensi buat ngeblog tuh gak kepikiran sama sekali sama AAKW (Adit Armand KW  :lol: ),ngikut blogger senior pakai nickname,wkeke..
AAKW sebenernya lebih suka baca daripada nulis,terutama baca blog otomotif seperti tmcblog,iwanbanaran,pertamax7 dan maassih banyak lagi. Naaahh,mereka mereka itu yang memberi sedikit,secuil,seeegayung inspirasi terlahirnya blog ini. Ditambah lagi dorongan mbak bodjo(istri) AAKW yang nyuruh bikin blog,karena mbak bodjo sering liat AAKw aktif di forum otomotif,plus seringnya temen AAKW ngajak sharing tentang otomotif tentunya.

Semalem,ada temen juga nyaranin "bikin blog aja pak,mudah kok,tinggal masukin email aja,dari stupidphone aja bisa kok,". Waahh,passion AAKw buat bikin blog jadi bertambah deh,dan akhirnya dibikin deh blog ecek ecek ini...

Big thank's to mbak bodjo,blogger otomotif senior dan Pak Rian Shoguner Imogiri atas inspirasi dan dukungannya. Semoga blog ecek ecek ini bekerja sebagaimana mestinya..

Eeehh.. lupa perkenalannya :D
 Sekalian aja deh tulis di artikel ini yak.. hmm AAKW adalah makhluk ciptaan tuhan berjenis kelamin laki laki,yang dilahirkan 26 tahun silam di kota kecil di Kalimantan Barat bernama Sanggau,thanks buat emak yang telah melahirkanku ke dunia ini. Oia,tinggi badan 171cm dengan berat 68kg,dan wajah yang pas pasan miripnya sama Armand Maulana,ngoahaha :lol: .. banyak yang bilang Lhooo B).
Meskipun AAKw terlahir di kota kecil di pelosok Kalimantan sana,namun karena salah sekian banyak hal membuat AAKW dari 2006 sampai saat ini tinggal dan menetap di Jogjakarta. Mendapat teman dan sahabat yang menyukai otomotif membuat passion AAKW terhadap otomotif sangatlah besar,semoga sadza dapat disalurkan melalui blog ecek ecek ini,
aaminn..

#wah kayaknya tulisan perdana ini masih belum enak dibaca ya..