Kamis, 29 Januari 2015

Halal dan Haram (menurut pendapat saya)

Halo epribadiehh.. howaryaahh?
Ngiahaha gak banget openingnya..
Halo brad 'n sist,gimana harinya? Semoga selalu menyenangkan yaa.. meski sedih,susah,gundah,gulana,galau,sebaiknya sebisa mungkin dibikin senang aja.. ibarat kata bapaknya AA'Kw nih "sakit akan terasa sakit kalo dirasa-rasa,makanya biasa aja.." bener kan? Hehe..
Okeh,kali ini AA'Kw bakal nulis yang sedikit out of the box nih.. yahh sekali kali bikin artikel yang bukan berbau bensin lah ya,biar ndak kobong ndhiasee,hehe..
Sesuai judul.. Halal dan Haram.. ntah kenapa akhir akhir ini AA'Kw lagi gondok banget sama masalah ini,kenapa? Karna menurut AA'Kw banyak orang orang dari kaum tertentu menetapkan status haram akan sesuatu hanya dari sudut pandang mereka sendiri.. (aseekk okeh nih bahasanya,hehe..) iya nggak? Seolah olah jadi tutup mata dari sudut pandang yang lebih luas.. banyak hal yang mereka haramkan,tapi kenapa mereka naik mobil,kenapa nggak naik onta aja? Mobil kan bikinan orang kafir.. Kenapa juga pakai baju,kan yang menemukan kain tenun orang kafir,pakai daun aja deh..
Nahh itulah yang membuat AA'Kw menelurkan artikel ini.. lha daripada bingung mau berdebat sama siapa,mending ditulis aja.. dan lagian nggak semua hal yang buruk itu haram loh,percaya nggak?harus percaya,kalo nggak percaya munafik namanya.. rada maksa nih,maap maap,hehe..

Definisi haram itu apa sih?

Seperti yang AA'Kw kutip dari wikipedia,bahwasannya haram adalah sebuah status hukum terhadap suatu aktivitas atau keadaan suatu benda(misalnya makanan). Aktivitas yang berstatus hukum haram atau makanan yang dianggap haram adalah dilarang secara keras. Orang yang melakukan tindakan haram atau makan binatang haram ini akan mendapatkan konsekuensi berupa dosa .. (makasih pak Wiki)
Nah,tertulis sesuatu yang dilarang.. siapakah yang melarang? Ya siapa lagi kalo bukan dzat yang menentukan hidup mati dan hakikat kita sebagai seorang manusia yaitu Allah Subhanahu? Wata'ala (jawab ibu ibu pengajian)..
Timbul sebuah pertanyaan.. kenapa Allah melarang? Kenapa hayoo.. jawabannya karna Allah tuh sayang sama makhluk ciptaannya ini.. (makasih ya Allah.. alhamdulillah :) ).. Allah tuh nggak pengen makhluknya sakit,Allah nggak pengen makhluknya menghadap padaNya dalam keadaan yang tidak baik.. pengennya Allah itu makhluknya baek baek aja hidup di dunia,nggak usah lah melawan aturanNya,biar nanti bisa lebih khusyuk dalam beribadah padaNya,ibadah khusyuk,doa tersampaikan dengan baik,insyaallah Allah seneng dan doa kita cepet di ijabah... aamiin Allahumma? Aamiin (jawab barengan)..

Kembali ke halal dan haram versi AA'Kw.. Kali ini AA'Kw berpedoman sama 2 ayat dari surah dalam Al-Qur'an.. Lho kok cuman 2? Bukannya banyak dalil yang mengacu pada halal haram? .. Biarin tulisan guwe terserah guwe..hehe
. Nggak kok,AA'Kw punya pendapat sendiri akan 2 ayat ini,karna menurut AA'Kw semuanya bisa berkaitan ke ayat ini, ayatnya adalah Al A’raf , 7:11 dan Al-Isra’, 17: 26, yang mana ayatnya berbunyi sbb. Bismillahirrahmannirrahiim..

ﻳَﺎﺑَﻨِﻲ ﺀَﺍﺩَﻡَ ﺧُﺬُﻭﺍ ﺯِﻳﻨَﺘَﻜُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﻛُﻞِّ ﻣَﺴْﺠِﺪٍ ﻭَﻛُﻠُﻮﺍ ﻭَﺍﺷْﺮَﺑُﻮﺍ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺴْﺮِﻓُﻮﺍ ﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻤُﺴْﺮِﻓِﻴﻦَ َ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

ﻭَﺀَﺍﺕِ ﺫَﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺑَﻰ ﺣَﻘَّﻪُ ﻭَﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦَ ﻭَﺍﺑْﻦَ ﺍﻟﺴَّﺒِﻴﻞِ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺒَﺬِّﺭْ ﺗَﺒْﺬِﻳﺮًﺍ

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan(hartamu) secara boros.

Baraqallah.. semoga Allah meridhoi setiap bacaan ayat suci yang brad 'n sist bacakan,aamiin..
Dari kedua ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Allah mengharamkan segala sesuatu yang berlebihan.. meski statusnya halal sekalipun jika kita memakai atau mengkonsumsinya secara berlebihan maka jatohnya bakalan haram.. setuju? Harus.. wong ayat Allah,mosok gak setuju,hehe..

Kembali ke topik.. masih banyak orang yang mendefinisikan haramnya suatu barang dengan sudut pandangnya sendiri,sehingga justru merugikan mereka sendiri (menurut orang lain),seperti halnya merayakan tahun baru.. jangan salah,dalam salah satu ayat Allah menyebutkan satu tahun terdiri dalam 12bulan,yang mana itu adalah hitungan tahun yang jamak di pakai oleh manusia di muka bumi ini (mohon koreksinya jika salah).. Nggak ada tuh larangannya langsung dari Allah perihal merayakan tahun baru itu,mereka mengharamkan hanya berdasarkan kalau tahun baru itu perayaannya orang Yahudi,kafir,haram..
Nggak gitu juga bro.. kita sebagai umat beragama punya cara sendiri dalam merayakan tahun baru,kembali lagi ke 2 ayat sebelumnya.. bahwasannya Allah nggak suka sama hal yang berlebihan.. Naahhh yang berlebihan inilah yang harusnya kita hindari dalam merayakan tahun baru,gimana caranya? Banyak cara kok,misalnya dengan merenung.. apa aja sih yang udah kita lalui,sebelumnya kita berguna bagi orang lain nggak sih,ibadah kita sudah bener nggak sih.. trus resolusi kita kedepannya akan sperti apa sih.. nahh hal sperti itu juga bisa kan? Berikutnya,bisa juga dengan silaturahmi,baik ke temen temen,saudara,kerabat,ataupun orang tua,tentunya dengan tujuan positif lho ya.. atau bisa juga kita merayakan tahun baru sama dengan kita merayakan tahun baru islam,dengan pengajian,dzikir,dll..

Nahh,nggak selalu hal yang haram menurut mereka dapat kita haramkan juga kan? Think positif,open your mind,jangan muter di situ situ aja,bisa pusing ntar..

Berikutnya alkohol.. nah yang ini krusial banget nih brad 'n sist,kenapa AA'Kw bilang krusial,karena banyak kasus pasal alkohol ini.. mulai dari banyak yang meninggal,ada yang masuk rumah sakit,tapi ada juga yang terbantu dalam hal pengobatan,bahkan ada juga yang nyicip nikmatnya olahan dari alkohol ini..
Bagi kelas ektreme zat alkohol ini sangat sangat haraam bagi mereka,jangankan nyicip,nyentuh aja haram,jijik.. tapi kok mereka masih makan tape ya? Muehehe..
Cerita dulu,pernah dulu tantenya AA'Kw saat masih berprofesi sebagai assisten klinik bersalin,dia bersama Dokternya sedang menangani pasien yang mau melahirkan,(maaf)pasiennya kaum bercadar,sang suami nggak mau Dokter menyentuh istrinya(dokternya pria),hanya mau disentuh sama tantenya AA'Kw. Parahnya lagi sang suami nggak mau istrinya disuntik bius,karna ada alkoholnya..alhasil istrinya mengerang kesakitan,lhawong dibius aja masih sakit banget,ini nggak dibius.. syukurnya dapat lahir dengan selamat,menyisakan sakit yang amat sakit tentunya bagi sang istri..
Nah,perihal alkohol dalam dunia kesehatan ini juga banyak di perdebatkan.. tapi AA'Kw nggak mau ikut berdebat,langsung AA'Kw kasi cap halal.. ini demi keberlangsungan hidup orang banyak lho,harusnya kita berterimakasih pada penemunya,dan menggunakannya dengan sebaik baiknya.. lagian Allah juga nggak suka kok sama manusia yang menyakiti diri sendiri.. sesimpel itu aja sih mikirnya,nggak usah dibawa ribet,hehe.. dan jangan lupa baca basmalah dulu :D

Berikutnya di dunia kuliner.. banyak juga lho yang memanfaatkan alkohol dalam pemenuhan nafsu perut ini. Contohnya  kue,tumisan,masakan ala resto bintang kejora,dan banyak lagi deh.. kebanyakan dari mereka memanfaatkan alkohol jenis rum,atau yang kita tau hasil dari fermentasi buah anggur,tujuannya apa,tentu biar hasil olahannya jadi lebih nikmat,mungkin zat asam dari fermentasi anggurnya itu kali ya yang dimanfaatkan. Kue,membuat teksturnya lebih empuk,lembut dan enak pastinya. Masakan,biar aromanya lebih keluar,dan tujuan lainnya demi memuaskan nafsu icip icip nganti wareghh..
Pertanyaannya.. haramkah itu? Menurut AA'Kw pribadi itu nggak haram.. kembali lagi ke dalil yang menyatakan alkohol itu haram,yaitu karna bisa memabukkan.. sekarang AA'Kw tanya,setelah makan Donat dan masakan yang dibuat dengan rum,apakah bikin brad 'n sist jadi mabuk? Teler? Hilang ingatan? Ngomong gak jelas? Masuk RS? Mati??.... Nggak kan? Yaudah halal itu. Mau menyanggah? Silahkan.. hehe.. lagian kan zat alkohol akan menguap jika melalui proses pemasakan,iya nggak?

Namun akan lain halnya jika makan Donat yang mengandung rum tadi dengan porsi sebakul brad 'n sist trus makan sendiri sampe kekenyangan gak bisa bangun,klenger nggak bisa buat ibadah,barulah hal ini akan menjadi haram.. Kembali lagi bahwasannya Allah nggak suka sesuatu yang berlebihan..
Makan berlebih,tepar.. minum berlebih,kembung.. dandan berlebih,menor.. perhiasan berlebih,norakk.. duit berlebih,mbok bagi bagi sini,sedekahin,hehe..

Nah sekarang udah paham kan,bahwasannya sesuatu itu nggak boleh langsung kita cap haram,lihat dulu sisi negatif dan positifnya.. ambil baiknya,pergunakan sebaik baiknya sesuai kebutuhan,jangan berlebihan,karna sesuatu yang berlebihan itu akhirnya jadi haa? RAAM (jawab ibu ibu)..

Bagi kalian yang punya pikiran luas dan terbuka,tetaplah berpedoman sama ketentuan Allah yaitu Al-Qur'an,biar nggak keblinger mikirnya,bisa jadi atheis atau gila nanti. Dan bersyukurlah akan pikiran dan logika yang bisa kita olah serta kita manfaatkan dengan baik,karena pikiran dan logika juga merupakan karunia dari Allah.. Sedangkan bagi kalian yang punya benteng akan pikiran dan logikanya bersyukurlah Allah memberikan kita semua kehidupan,karna kalian juga yang memberi warna warni beragam dalam kehidupan umat,nikmati sebaik baiknya hidup,karna nggak ada kesempatan kedua dalam hidup,yang ada hanyalah perubahan.

Akhir kata.. Allah memberikan kita hidup,pikiran,dan Al-Qur'an,maka hiduplah dengan sebaik baiknya..
Wassalamua'alaikum :)

Minggu, 04 Januari 2015

Pengalaman Horor di Tukang Bensin Eceran

Hola Brad and Sist.. dah lama nggak ngupdate blog nih,maklum selain karena kesibukan yang (nggak) padat juga karna penyakit AA'Kw lagi kumat,tau donk penyakit apa? Yups penyakit M,alias males,hehe.. nggak tau nih penyakit ini sering banget kumat,padahal bahan lagi bertebaran,terutama di artikel artikelnya senior,kalo pengen ya bisa aja diolah jadi bahan tulisan..tentunya dengan tetap mengedepankan sumber dan watermark empunya artikel,biar gak bikin heboh karna ngaku ngaku karya orang,wkwkwk..

Ilustrasi nyomot gugel

Oke biar gak kelamaan intro kayak lagu rock kita langsung ke topik aja ya pemirsa.. pernah ngisi bensin eceran di pinggir jalan? tentunya pernah kan,meski nggak sering tapi pernah lah yaa (maksa),hehe.. AA'Kw juga pernah kok ngisi bensin eceran,terutama saat kepepet.. nah kali ini AA'Kw mau sharing pengalaman horor saat ngisi bensin eceran..

Semua bermula hari Sabtu kemarin saat AA'Kw mau nganterin Mbak Bojo konsultasi ke Puskesmas.. pagi harinya sesosok motor Supra lawas milik Mbak Bojo sudah AA'Kw persiapkan,pakai Supra aja,soalnya si Bleki Shogun item lagi males keluar,hehe.. saat manasin Supra hampir semua hal sudah AA'Kw cek,dari lap lap,kerenggangan rantai sampai tangki bensin pun tak luput dari pengecekan.. oke sipp cukup lah bensinnya buat bolak balik Puskesmas bahkan puter balik Malioboro pun masih sanggup deh dengan bensin segitu.. siapp berangkat..

Apesnya nyampe ke Puskesmas Kotagede AA'Kw lupa kalo hari Sabtu Puskesmas tutup,padahal sebelumnya Mbak Bojo dah ngasi tau,bukannya hari Sabtu tutup,tapi AA'Kw ngeyel bilang RS aja buka kok.. eehh ternyata tutup,dasar ngeyel,hehe.. setelah pikir pikir dan mumpung cuaca gak terlalu panas akhirnya kita putuskan buat djalan djalan.. sipp.. gasss.. Namun apesnya gak berenti di situ saja,nyampe Malioboro macetnya gak ketulungan,wong liburan.. mesti macet.. mana gerimis lagi.. oke pulang aja deh..

Skip skip.. nahh kisah horor ini pun bermula,saat perjalanan pulang.. riding santai di Jl. Pleret,tiba tiba Supra ndut ndutan.. duh kenapa nih,kayaknya kabisan bensin nih.. dan benar saja mesin Supra ini pun mati,waahh.. piye ki.. mana SPBU masih jauh lagi.. mau nggak mau didorong deh,dan Mbak Bojo kepaksa jalan kaki.. kejadian ini terjadi di Jl. Pleret km 1.5 tepat di pertigaan Potorono Mbantoel.. untungnya tukang bensin eceran deket,langsung deh berentiin ngedorong.. "Buk.. bensinnya buk?".. "Wagh abis mass.." seyum ibuk pemilik londri yang merangkap jualan bensin,hehe.. "Coba di sebrang depan itu mas.." "Oke makasih bukk.." Sipp lanjut ndorong.. dan ketemu deh kang bensin rekomendasi ibuk tadi..
"Pak.. bensine pak.... pak?.." Tampak si bapak terbangun dari tidurnya di balik etalase tokonya,dengan posisi berjalan yang agak aneh,sedikit miring ke kiri.. tanpa sepatah kata si bapak mengambil botol Topi Miring wadah bensin lengkap dengan corongnya.. tetap tanpa bicara dan suara sedikitpun si bapak bersiap nuang bensinnya.. buka tutup botol Topi Miring.. AA'Kw dengan cepat membuka tutup tangki.. ntah karena merasa di intimidasi oleh tatapan si bapak atau emang kecapean ndorong motor bikin proses membuka tutup tangki pun susahnya minta ampun.. dengan susah payah akhirnya tutup tangki pun terbukaa.. lega?.. nggak... karna tatapan kosong si bapak dengan muka datar dan gerak yang sangat perlahan beliau menuangkan bensin ke tangki Supra..

Ilustrasi nyomot gugel lagi :D

Perlahan bensin di dalam botolpun hampir tertuang semua ke dalam tangki Supra,namun sungguh tak terduga si bapak akhirnya bersuara.. "Pirang liter mas..?" (Berapa liter mas.red)Terdengar parau namun lembut.. Deg.. antara kaget dan nggak denger AA'Kw jawab singkat.. "Satu liter..".. selesai.. bensin sebotol habis tertuang semua ke tangki.. kehororan pun bertambah saat AA'Kw bertanya harga.. "Pinten Pak?" (Berapa Pak?).. si bapak masih nampak cuek membenahi botol kosongnya.. dan dengan muka datar dia menjawab sangat singkat ..."Sangangewu.." Degg.. nyatakah ini? Batin AA'Kw,dengan nada takut (protes) "Sembilan ribu Pak?..".. "Iya.." dijawab tetap dengan muka datar.. "Bukankah di SPBU sudah turun jadi 7600 Pak?".. "Masih ngabisin stok mas.." tetap tanpa ekspresi.. wooo kampr*t,semp*k bekas.. benar benar bapak bertampang horor tersebut mengambil keuntungan banyak,mosok dah 2 hari stoknya masih ada aja..situ nimbun BBM mahal Pak?.. tapi Asudahlah,wong butuh juga,daripada ndorong sampe rumah.. dengan berat hati dibayar juga dengan lembaran 10ribu.. namun hawa horornya nggak sampai di situ pemirsa.. kembalian 1.000 rupiahnya ternyata,kucel,bosok,klemer klemer.. wedyaann horor banget tho pemirsa..Serem kaann ? :D

Itulah kisah "horor"ku.. mana kisah "horor"mu?? Wkwkwk..

Bensinku dah turun hloo mass ;) ,wkwkwk..